Selamat datang diblog kami www.deltarayamotor.blogspot.com,
Suatu kehormatan kami, Anda telah mengunjungi blog kami.
Terima kasih atas kenyamanan dan kepercayaan Anda.

Salam kami,
Team Managemen

Sabtu, 16 Oktober 2010

Tip Memilih Minyak Pelumas

Penggunaan oli tidak sekedar menuangkan oli ke dalam mesin berdasarkan tingkat kekentalan. Perlu diketahui bahwa oli memiliki kualitas service yang dapat disesuaikan dengan mesin mobil anda.

Ada beberapa hal yang perlu diperhatikan dalam memilih oli yang sesuai dengan spesifikasi mobil. Baca manual book mobil untuk mengetahui tingkat kekentalan oli yang dianjurkan oleh pabrik pembuat mobil tersebut, kemudian cari kata API (American Petroleum Institute). API memberikan lisensi standar mutu oli bagi setiap merk oli di dunia. Setiap merk oli yang mendapat persetujuan API memiliki API certification dengan symbol API Service “donut”. Simbol ini biasanya terdapat pada manual book mobil dan pada kemasan oli yang telah memenuhi standar API.
Simbol API digunakan untuk menunjukkan jenis oli yang sesuai dengan rekomendasi, seperti oli untuk mesin berbahan bakar bensin. Untuk mendapatkan simbol ini, producen oli harus memenuhi syarat yang ditetapkan oleh Internacional Lubrication Standardization, dan memiliki estándar penggunaan minimum yang disetujui Approval Comité.
Simbol “donut” terdiri dari tiga bagian terpisah setengah lingkaran bagian atas menunjukkan rating API service atau tingkat performa oli, bulatan bagian tengah menunjukkan tingkat kekentalan, dan setengah lingkaran bagian bawah menunjukkan bahwa oli telah melalui beberapa persyaratan konservasi energi.
Service rating menunjukkan tingkat performa oli. Salah satunya hádala kemampuan oli menghadapi suhu yang Sangay tinggi, serta menimalkan endapan dan konsumsi oli. Rating dibuat berdasarkan abjad. Untuk mesin berbahan bakar bensin, service rating biasanya diawali dengan huruf “S” yang berarti service. Huruf kedua biasanya dimulai dari ”A” sampai ”M”. Perlu diketahui, rating tertinggi berarti bahwa sebuah oli memiliki kemampuan yang dimiliki rating-rating di bawahnya. Rating performa oli tidak ada kaitannya dengan tingkat kekentalan. Sebagai catatan, tidak ada oli dengan katagori ”SI” dan ”SK”.

Tabel Rating Performa Oli
Katagori Oli Jenis Kendaraan
SM Semua mobil keluaran baru
SL Keluaran tahun 2004 dan tahun di bawahnya
SJ Keluaran tahun 2001 dan tahun di bawahnya
SH Keluaran tahun 1996 dan tahun di bawahnya
SG Keluaran tahun 1993 dan tahun di bawahnya
SF Keluaran tahun 1988 dan tahun di bawahnya
SE Keluaran tahun 1979 dan tahun di bawahnya
SD Keluaran tahun 1971 dan tahun di bawahnya
SC Keluaran tahun 1967 dan tahun di bawahnya
SB Keluaran lama
SA Keluaran lama

Katagori ”SB” dan ”SA” hanya digunakan jika memang direkomendasikan secara spesifik oleh manufaktur. Kenyataannya, jika anda ke toko oli, anda hanya akan menemukan oli dengan rating terbaru, rating oli untuk mesin diesel agak berbeda dan lebih rumit, serta dimulai dengan huruf ”C”. Hal terbaik yang dapat anda lakukan untuk mendapatkan oli yang tepat bagi mesin mobil anda adalah mencocokkan oli dengan manual book mobil. Jika anda ragu, tanyakan kepada bengkel mobil merk tersebut. Atau montir-montir ahli.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar